IMAN , ISLAM DAN IHSAN


IMAN, ISLAM DAN IHSAN

A. IMAN
Iman secara etimologis berarti ‘percaya’. Perkataan iman diambil dari kata kerja ‘amana’ – ‘yu’miu’ yang berarti ‘percaya’ atau ‘membenarkan’. Perkataan iman yang berarti ‘membenarkan’ itu disebutkan dalam QS At-Taubah :62
·         Unsur-unsur penting tentang iman
a.    Beriman bahwa Allah mengetahui segala sesutau secara rinci dan global sejak zaman dulu dan azali, baik yang berhubungan dengan pekerjaan Dzat-Nya maupun hamba-Nya.
b.   Beriman bahwa Allah menuls semua ketentuan (qadar) tersebut di Lauh Mahfuzh.
c.   Beriman bahwa sesuatu yang ada di alam tidak ada kecuali atas kehendak Allah, baik yang berhubungan dengan perbuatan-Nya atau perbuatan ciptaan-Nya.
d.   Beriman bahwa segala makhluk yang ada adalah ciptaan Allah, baik dzatnya, sifatnya maupun gerakannya.
e.    Setia yang ada di alam adalah milik Allah SWT dan tidak mungkin sesuatu yang menjadi hak milik-Nya terjadi tanpa sepengetahuan dan kehendak-Nya.
B.  ISLAM
Islam berasal dari kata salima atau aslama artinya selamat, tunduk, berserah diri. Islam juga dapat berarti silm atau salam (kedamaian dan kepatuhan). Islam diartikan penyerahan diri kepada Allah SWT sebagai lambang ketaatan dan kepatuhan manusia kepada Allah SWT.
C. IHSAN
Ihsan berarti baik atau berbuat baik. Menurut istilah, ihsan adalah keadaan seseorang dalam beribadah kepada Allah SWT seakan-akan dia melihat Allah dengan mata hatinya. Jika tidak bisa melihat-Nya, maka dia yakin bahwa sesungguhnya Alah SWT senantiasa melihat kepadanya. Dengan kata lain, ihsan berarti suasana hati dan perilaku seseorang untuk senantiasa merasa dekat dengan Allah, sehingga tindakannya, perilakunya, sesuai dengan aturan dan hukum Allah SWT.
Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar: